Sabtu, 16 Juli 2011

Geografi regional dunia_ Uganda


UGANDA


 



























  1. Keadaan umum
1.      Sejarah

Republic of Uganda memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tanggal 9 Oktober 1962, dengan ibukotanya KAMPALA. Pada mulanya Uganda dikuasai oleh beberapa suku-suku besar yang berprofesi sebagai pemburu. Suku terbesar adalah suku Baganda atau Buganda. Suku ini berhasil mendirikan sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Kimera. Giovani Miani (seorang penjelajah dari Italia) adalah orang Eropa pertama yang menemukan Uganda pada tahun 1860.
Kemudian, para misionaris berdatangan. Pada tahun 1862 ditemukan situs Raja ke-30 dari Kerajaan Buganda yang ditengarai berkuasa pada abad ke-16. Pada abad ke-19, Uganda dikuasai oleh Inggris dan Mesir. Ketika itu Uganda menjadi salah satu provinsi Mesir bernama Equatoria. Penguasaan Equatoria oleh Mesir berakhir pada pemerintahan Emin Pasha pada tahun 1889 dan beralih ke tangan Inggris pada tahun 1890.
Perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan dari Inggris dimulai pada tahun 1945-1949, yaitu ketika ada kerusuhan kaum proletar di Buganda. Pada 1953, Raja Mutesa II (Kabaka) diasingkan ke Inggris dan dikembalikan ke Uganda pada tahun 1955. Akhirnya pada 9 Oktober 1962, Uganda memnperoleh kemerdekaan dari Inggris.
Apollo Milton Obote terpilih sebagai perdana menteri pertama. Kabaka Edward Mutesa II (Raja Buganda) sebagai kepala negara. Pada tahun 1966 terjadi pembunuhan berdarah di istana, hingga akhirnya Milton Obote menghapuskan Kerajaan Buganda dan Kabaka Edward Mutesa II mengasingkan diri ke Inggris hingga wafat dalam kemiskinan selama tiga tahun.
Pada 25 Januari 1971, ketika Milton Obote menghadiri suatu konperensi di Singapora, Mayor Jendral Idi Amin mengambilalih kekuasaan. Pada pemerintahan ini Uganda sangat terkenal di dunia, karena Idi Amin melakukan banyak pembunuhan (sangat kejam) kepada lawan-lawan politiknya, khususnya yang berasal dari Acholi dan Langi. Diperkirakan sebanyak 300.000 orang dibunuh pada masa pemerintahannya. Ia berkuasa sampai tahun 1979

2.      Letak astronomis

3.      Luas
Luas wilayah Uganda 236.040 km2

4.      Batas-batas
Republik Uganda adalah sebuah negara di Afrika Timur. Negara yang mendapat julukan "Mutiara Afrika" oleh Winston Churchill ini berbatasan dengan Kenya di sebelah timur, Sudan di utara, Republik Demokratik Kongo di barat, Rwanda di barat daya, dan Tanzania serta Danau Victoria di selatan.

5.      Bentang alam
§  Relief

§  Sungai

§  Danau
Uganda mempunyai beberapa danau besar, seperti Danau Victoria, danau Albert,danau Kyoga dan danau Edward. Negeri ini terletak di plateau Afrika Timur, kira-kira 900 m di atas permukaan laut. Pada umumnya Uganda beriklim tropis, tapi terdapat juga variasi. Uganda mempunyai beberapa pulau di danau Victoria.
Danau Victoria atau Victoria Nyanza (juga dikenal sebagai Ukerewe) adalah salah satu Danau Besar di Afrika. Danau Victoria memiliki luas 68.870 kilometer persegi, membuatnya danau terbesar di benua Afrika, danau tropis terbesar di dunia, dan danau air tawar kedua terbesar dunia dalam luas permukaan. Karena dangkal, danau ini masuk dalam urutan ke-7 danau air tawar dalam volume, berisi 2.760 kilometer kubik air. Dia merupakan sumber dari cabang terpanjang Sungai Nil, Nil Putih. Danau ini terletak dalam dataran tinggi di bagian barat Great Rift Valley Afrika dan diatur oleh Tanzania, Uganda, dan Kenya.
Ada lebih dari 3.000 pulau dalam Danau Victoria, kebanyakan tida berpenghuni. Ini termasuk Kepulauan Ssese di Uganda, sebuah kelompok besar pulau-pulau di barat laut danau tersebut dan menjadi sebuah tujuan pariwisata populer.
§  Dataran tinggi
§  Dataran rendah
§  Pegunungan
§  Lembah
§  Gurun

6.      Iklim dan cuaca
Uganda terletak di Afrika Timur, beriklim tropis, sedikit kering.

7.      Flora dan fauna
Negara ini mempunyai banyak tempat untuk bersafari dan mempunyai pemandangan yang indah seperti air terjun Bujagali (Bujagalii Falls).

Uganda adalah negara keragaman yang luar biasa. Terletak pada tumpang tindih antara jacktt tropis Afrika Timur dan Afrika Barat zona hutan hujan. Tujuh dari 18 pabrik Afrika diwakili kerajaan-kerajaan di Uganda, yang lebih daripada negara lain di benua. Hutan hujan tropis Uganda Barat memiliki flora dan fauna yang unik, beberapa di antaranya spesies langka. Sebagai bagian dari penekanan pada eko-pariwisata dan sebagai respons terhadap meningkatnya permintaan dari wisatawan, jejak alam baru telah dikembangkan di hampir setiap kawasan lindung. Jalan ini menawarkan cara tergesa-gesa menjelajahi padang gurun dan semakin dekat dengan alam.
Dengan tercatat 1.008 spesies burung di perbatasannya, Uganda adalah pengamat burung surga. Hal ini sebagian karena lokasinya sebagai titik peralihan antara sabana Afrika Timur, Afrika Barat hutan hujan dan semi-gurun utara. Dengan lebih dari 1.000 tercatat sudah, Uganda telah hampir setengah dari spesies yang dikenal di benua Afrika dan lebih dari 10% dari mereka yang tercatat di seluruh dunia.
Uganda's khatulistiwa lokasi, dikombinasikan dengan ketinggian dan besar berbagai jenis dataran memberikan array yang sangat besar peluang untuk birders tajam.
Ratu Elizabeth Taman Nasional sendiri telah lebih dari 550 spesies burung. Uganda atraksi khusus untuk pengamat burung yang menawarkan akses mudah ke habitat burung, yang sulit di tempat lain. Lokasi  khatulistiwa Uganda, dikombinasikan dengan ketinggian dan berbagai jenis dataran memberikan peluang yang sangat besar untuk perkembangbiakan burung.Daftar resmi di negara ini terdapat 343 spesies mamalia.133 diantaranya dapat digolongkan sebagai mamalia besar. Mamalia kecil terdiri dari 94 spesies kelelawar, 70 tikus dan tikus, 33 shrews dan berang-berang, 8 gerbil, 4 gajah emas.
Alam setengah selatan Uganda, vegetasi alami telah digantikan oleh dibudidayakan, di mana pisang raja yang paling terkemuka. Namun masih tersebar petak-petak hutan lebat atau rumput gajah dan pepohonan mvuli, yang menyediakan kayu berkualitas baik.

8.      Keadaan penduduk
penduduk berjumlah sekitar 25.632.794 orang, terbagi dalam 4 (empat) etnik besar, dan yang terbesar adalah suku Baganda atau Buganda, berasal dari ras Bantu. Angka pertumbuhan penduduk rata-rata 2,96% per-tahun, angka kelahiran 46,57 dan angka kematian 16,95 per-seribu.
Bahasa nasional mereka adalah bahasa Inggris, sedagkan bahasa lokal yang dipergunakan adalah Ganda atau Luganda, Swahili dan Arab.
Suku di uganda
Acholi (juga Acoli) adalah suku bangsa dari distrik Gulu, distrik Kitgum dan distrik Pader di Uganda utara, dan di Sudan selatan. Sensus Uganda tahun 1991 menghitung terdapat 746,796 Acholi; 45.000 Acholi lainnya tinggal di luar Uganda.
Kakwa adalah suku bangsa di Uganda barat laut, Sudan selatan, dan Zaire timur laut, yang berasal dari Nilotik. Bangsa Kakwa menuturkan bahasa Nilotik Timur.
Iteso (juga disebut Teso, Itesot dan Atesot) merupakan grup etnis di Uganda dan Kenya. Mereka menjadi grup etnis terbesar kedua di Uganda, hidup di sub-wilayah Teso (distrik Soroti, Kumi, Katakwi, Pallisa, Bukedia, Kaberamaido dan Tororo). Di Kenya mereka tinggal di Distrik Busia.
Karamojong atau Karimojong, merupakan kelompok etnis yang tinggal di wilayah Karamoja di timurlaut Uganda, menduduki daerah seluas sepersepuluh luas negara itu. Bahasanya juga dikenal sebagai Karamojong dan bagian dari kelompok bahasa Nil-Sahara.
Bangsa Lango adalah suku bangsa yang tinggal di sub-wilayah Lango di Uganda, sebelah utara Danau Kyoga. Sub-wilayah Lango terdiri dari distrik Amolatar, Apac, Dokolo, Lira dan Oyam. Lango memiliki populasi sekitar 1.5 juta menurut sensus tahun 2002.
9.      Budaya
Jumlah penganut Katolik Roma 33%, Kristen Protestan 33%, Islam 16% dan Animisme 18%.
10.  Perekonomian

Uganda termasuk dalam kategori negara miskin di dunia. Perekonomian mereka sangat tergantung pada sektor pertanian, yang menyerap angkatan kerja sebanyak 82% (13% jasa dan 5% Iindustri). Pada tahun 1986 diadakan berbagai reformasi ekonomi, antara lain reformasi mata uang, meningkatkan produk-produk minyak, dan menaikkan gaji pegawai sipil. Angka pertumbuhan ekonomi rata-rata 5,5%, dengan inflasi rata-rata 0,1%. Pendapatan per-kapita US $ 1.200,-.

§  Mata pencaharian

§  Tanaman pertanian dan perkebunan
Produk-produk pertaniannya berkisar pad kopi, teh, kapas, tembakau, tapioca, sayuran, dan bunga potong.

§  Peternakan
Biri-biri, domba, susu
§  Pertambangan

§  Industri


§  Perdagangan

§  Ekspor dan impor

Tujuan ekspor utama adalah ke Belgia, Belanda, Jerman, Spanyol, Hongkong, Amerika Serikat, Inggris, Italia dan Portugal dengan nilai sebesar US $ 476 juta. Sedangkan import mereka senilai $ US 1,14 milyar berasal dari Kenya, Afrika Selatan, India dan Inggris. Komoditi yang diimport adalah alat berat, kendaraan, minyak, dan peralatan kedokteran. Indonesia sama sekali belum menjadi patner export maupun import Uganda. Mata uang Uganda adalah Ugandan Shilling ((UGX), US $ 1, = 1.797,55 UGX

11.  Bentuk pemerintahan
Presiden Uganda adalah kepala negara di Uganda. Jabatan ini awalnya adalah posisi dalam nama saja, karena yang sebenarnya memegang kekuasaan adalah Perdana Menteri. Presiden pertama adalah Raja Buganda, yang berkuasa karena pengaruh partai Kebaka Yekka (yang mendukung kerajaan) yang besar. Pada tahun 1966, Perdana Menteri Milton Obote membatalkan konstitusi Uganda dan menjadi Perdana Menteri sekaligus Presiden. Sejak saat ini jabatan presiden menjadi yang paling berkuasa dalam dunia politik di Uganda.
12.  Hubungan kerjasama

§    Ekonomi
§    Iptek
§    Sosial-budaya
§    Ekspor-impor
§    Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar